EFEKTIVITAS PEMBIMBINGAN, MOTIVASI PESERTA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERHASILAN AKTUALISASI NILAI-NILAI DASAR PNS – PADA PELATIHAN DASAR CPNS BPSDMD PROVINSI JAWA TENGAH
Kata Kunci:
efektivitas Pembimbingan, motivasi, aktualisasi nilai dasarAbstrak
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Jawa Tengah yang sangat besar jumlahnya, yaitu sebanyak 15.522 orang di tahun 2018 dan sebanyak 16.354 orang di tahun 2019 menjadi perhatian bersama terutama terkait pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS yang kurikulumnya berasal dari Lembaga Administrasi Negara ( – Republik Indonesia. Penelitian yang merupakan bagian dari proses evaluasi pasca diklat ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembimbingan, motivasi dan tingkat kepuasan peserta dan pengaruhnya dalam keberhasilan aktualisasi nilai dasar PNS , serta langkah-langkah pembimbingan yang efektif pada Pelatihan Dasar CPNS di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif (Induktif). Data yang diperoleh berasal dari Peserta Latsar CPNS, Mentor (atasan langsung CPNS), Coach (Pembimbing) dan Unsur Penyelenggara Pelatihan. Berdasarkan data-data yang diperoleh melalui Wawancara maupun isian Google Form kepada responden diperoleh kesimpulan bahwa proses pembimbingan aktualisasi nilai dasar PNS telah berjalan dengan efektif yang dapat dilihat dari implementasi nilai dasar dan peningkatan sikap perilaku dan kinerja (seluruh Mentor 100% menyatakan bahwa kegiatan aktualisasi sangat bermanfaat) , motivasi peserta sangat berkontribusi dalam keberhasilan tersebut, dimana sebanyak 33,33 % Peserta termotivasi secara ekstrinsik dan 67 % secara intrinsik. Adapun tingkat kepuasan peserta dalam pembimbingan 16,66 % sangat puas, 50 % puas, 33,33 % cukup puas.
Referensi
Asropi, Dr., SIP., MSi., 2016. Modul Analisis Penelitian. Lembaga Administrasi Negara. Jakarta
BKN, 2019. Buku Statistik ASN. Copyright @2019 Badan Kepegawaian Negara. Fuad, M.dkk. 2011 . Pengantar Bisnis, Jakarta . PT Gramedia Pustaka Utama
Irdianto, Windra., 2014. Hasil belajar Melalui Motivasi Peserta Diklat Ditinjau dari Latar Belakang Ekonomi dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sains. Vol.2., No.1 ., Maret 2014. Pendidikan Kejuruan-Universitas Negeri Malang. Malang